Jumat, 23 September 2011

[Oprek Lensa] Pentacon Praktica Mount PB ke Mount Nikon F

Pentacon praktica mount PB memiliki jarak register flange 44mm, berbeda 2,6mm dengan nikon, nikon memiliki register flange yang panjang yaitu 46,6. Maka dari itu untuk mendapatkan infinity di body nikon lumayan juga menggeser mundur 2,6mm, mulai dari kalibrasi ring fokus sudah tidak memungkinkan, diganti mounting nya saja masih kurang beberapa mili, mau dikepras kok sayang, akhirnya dimundurkan saja group optik belakang, ini mungkin tidak recomended karena mengubah susunan lensa, tapi mau bagaimana lagi, lebih mudah dan hasil juga bisa dibandingkan.

Langsung saja ini saya terapkan pada lensa pentacon praktica mc 50mm f1.8, buka mount pb nya, sebelumnya lepas dahulu plastik yang ada di mount, soalnya baut ditutupi plastik hitam tersebut, maap ya penampakanya tidak ada, sudah lama sekali, lensanya udah laku, setelah mount sudah dicopot tinggal pasang saja mount nikon.

Untuk memundurkan group optik belakang kendorkan saja baut yang ada di sisi pengunci optik belakang, ada 3 kalo tidak salah, tarik group optik, dan ganjal bagian dalam dengan apapun itu yang penting presisi (kalo saya pakai kawat 2mm), setelah itu pasang lagi, harus presisi ya? ini akan berpengaruh terhadap DOF kalo tidak presisi, biar kuat kencangkan lagi baut yang ditepi tadi, dan tambahkan lem bakar, hehe biar strong..

pentacon nikon

sampelnya pake fm10 + kodak kolor
Stone Memories


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

4 komentar:

  1. sori OOT,
    mung FYI kie

    http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/58541

    BalasHapus
  2. baru tahu ternyata lensa juga bisa di Oprex hehe..

    BalasHapus
  3. @mas bim : oke gan thank u rekomendasine..
    @pak imam : hehe ya begitulah pak, sisi lain dunia fotografi

    BalasHapus
  4. mbak vira: salaman dulu...., SALAM PRAMUKA INDONESIA

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..