Rabu, 22 Juni 2011

yang harus diperhatikan sebelum membeli lensa di internet

Hehe, kata di internet sama saja dengan secara online,biar mudah dipahami saja..
Bagi yang memiliki hobi dengan fotografi, pastilah tidak asing lagi dengan lensa, lensa dalam hal ini maksudnya lensa kamera, banyak pilihan lensa, harga juga bermacam-macam, yang murah sekitar 20rebu sampai puluhan juta, memang barang second alias bekas menjadi alternatif daripada membeli baru. Ada juga pembeli yang tidak puas karena lensa yang dibeli tidak sesuai deskripsi maupun gambar, setelah dikonfirmasi alasanya bermacam-macamlah. Berikut yang harus diperhatikan jika membeli lensa secara on line (yang tidak bisa COD, ataupun yang takut ketipu), tidak on line juga sama saja sebenarnya :

Optik Lensa, terawanglah lensa di tempat yang terang, perhatikan apakah jamur atau fungi, jamur ini bentuknya seperti petir, biasanya ada titik kemudian sampingya menyebar seperti petir.  Selain jamur ada juga foging atau fog atau kabut, warnanya putih seperti kabut, yang agak kuning namanya yellowink (semoga penulisan tidak salah, saya lupa soalnya, tarjadi karena terkena elektromagnetik), sehingga pada hasil akan terpengaruh seperti sedang mengambil gambar di tempat yang berkabut, enaknya ya di b/w aja. Perhatikan juga coating, sebaiknya diterawang di objek yang terang berwarna putih, jika coating bermasalah akan terlihat warna yang berbeda, seperti pelangi ataupun satu warna saja tetapi hanya di sebagian optik, dilihat berbagai sudut warnanya tetap sama, ini berbeda dengan coating lho ya?. Masih tetap diterawang perhatikan ada baret apa tidak, baret yang tipis namanya clean mark atau baret bekas dibersihkan, dan yang terakhir ialah debu, atau kotoran, tinggal di sebul saja hilang...  eh hampir lupa, apakah ada oli/pelumas pa tidak, bentuknya seperti ketumpahan air tetapi ada warna pelangi bila teliti menerawang.

Body Lensa, hal ini cukup mudah diidentifikasi, dilihat saja cat dan bentuknya apakah ada peok peok dikit, bagi saya sendiri tidak terlalu penting, jangan lupa perhatikan yang peok disebelah mana, bila di tempat filter akan jadi masalah ketika dipasang filter. Perhatikan karet, sudah melar atau sudah dipotong, diaganti, atau malah sudah lepas.

Mekanik, mekanik berjalan sempurna sebagaimana mestinya tergantung mau digunakan di body apa, bila di body bukan aslinya ya jangan berharap mekanik lancar, misalnya untuk lensa mount nikon, pentax, yashica, minolta, m42 dll, biasanya ada tuas untuk menjaga blade tetap terbuka meskipun dimainkan pada f kecil misalnya 8,11,16 dst, ini fungsinya agar pandangan di viewfinder (incengan, tempat mata, tempat mengintip) tidak gelap. Perhatikan pula ring diafragma, jika diputer seharusnya blade akan bergerak membuka menutup. Perhatikan pula ring fokus lancar, tidak seret dan tidak kendor. Bagi yang memiliki lensa tele jangan lupa cek ring untuk zoom, untuk mengubah tele ke wide dan sebaliknya.
Akan lebih memuaskan apabila disertai contoh hasil gambar, untuk yang cod langsung saja dicoba lensanya.

Harga, setiap orang bebas menentukan harga apakah mahal atau murah, soalnya kalau berhubungan dengan hoby (kesukaan) sudah lain urusanya berapapun bisa ditebus, silahkan browsing untuk mencari harga pembanding, sesuaikan kemampuan, sesuaikan juga kebutuhan, alasan membeli apa karena mengejar fl alias jarak (6mm, 50mm, 200mm), atau karena hasil dari lensa tersebut, atau karena ikut ikut temanya (korban kompor hahaha).

Jangan lupa memeriksa trek record penjual, sudah berapa kali jualan, teman-teman nya siapa saja, yang penting selalu waspada, jangan mentang-mentang minat, murah, ada duit langsung minta rekening terus bayar, biar sukses dalam membeli barang keinginan memang harus mengandalkan KESABARAN, perhatikan paking pengiriman, mintalah no resi jika memakai jne

Selamat Berburu..


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

3 komentar:

  1. thanks, your article is very useful ..

    BalasHapus
  2. lebih baik nge cek optik pake senter led,drpd ditrawang di cahaya...
    Dengan senter led, apabila seluruh cahaya tidak ada yg menghalangi maka lensa tersebut kinclong

    BalasHapus
  3. trimakasih sekali pak..
    reviewnya sangat berguna

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..