Rabu, 13 Juli 2011

Metodologi Pengembangan FAST

Metode FAST (Framework for the Application of System Thinking) yang termuat dalam buku yang dikarang oleh Pressman, 2005. Metode ini membantu pengembangan sistem yang menyediakan mekanisme untuk memahami dan menganalisis kebutuhan pengguna, melakukan negosiasi, pemilihan solusi yang layak, pembuatan sistem yang lebih teroganisir, hingga implementasi sistem.
Metode FAST ini meliputi beberapa tahap, diantaranya :

· Preliminary Investigation Phase, fase ini merupakan tahap pertama dalam melakukan pengembangan suatu sistem. Dalam fase ini dilakukan penentuan batasan-batasan sistem dan siapa saja yang akan memakai sistem.

· Problem Analysis Phase, dalam fase ini dilakukan analisis menyeluruh terhadap permasalahan dari sistem yang akan dikembangkan dengan cara melakukan analisa-analisa terhadap permasalahan sistem, penyebab permasalahan tersebut, serta menentukan apakah permasalahan tersebut dapat diselesaikan.

· Requirement Analysis Phase, dalam fase ini dilakukan analisa terhadap business requirement sesuai dengan requirement yang dibutuhkan dan diinginkan user yang menggunakan sistem tersebut.

· Decision Analysis Phase, dalam fase ini permasalahan yang dihadapi sistem pada fase sebelumnya, biasanya dapat diselesaikan dengan berbagai solusi.

· Design Phase, dalam fase ini business requirement yang sudah ada akan digambarkan dalam bentuk gambar-gambar baik itu desain logikal maupun desain fisikal.

· Construction Phase, dalam fase ini dilakukan pembangunan database dan pembuatan program aplikasi   dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, dalam kasus ini digunakan bahasa pemrograman Java dan SQL

nb: artikel Metodologi Pengembangan FAST tersebut saya kutip dari laporan saya, jadi tidak semua.


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

maturnuwun sudah mengisi komentar..