Rabu, 05 Oktober 2011

[Oprek Lensa] Semi Tele Minolta Mount MD ke Mount Nikon F

Lensa semi tele yang dimaksud yaitu lensa 135mm mount md, atau bayonet minolta, atau sr. Jika ingin dipasang di body nikon, dengan jarak register minolta yaitu 43.5, sedangkan nikon 46.5 jadi ada selisih 3mm, berarti lensa minolta harus dikepras sebanyak 3mm agar bisa infinity di nikon. Untuk yang belum tahu istilah diatas silahkan klik di sini dan baca juga bagian Lensa Minolta MD.

Karena eman-eman alias sayang, tidak ada kepras-keprasan, dan ini bisa dikembalikan lagi seperti semula

Pertama yang dilakukan ialah dengan membuka mount md, lepas baut-bautnya dan terbuka deh, mudah bukan. Bagian mekanik difragma terletak di bagian mount, jika dilepas maka mekanik diafragma juga akan terlepas, hal ini bisa disiasati dengan membuat tuas, bisa dari apa saja yang penting jika ring diafragma diputar blade bisa buka tutup. Silahkan ber imajenasi, kalo saya memakai mika dari bekas sim card, lihat saja gambar oprekan Lensa Minolta MD Rokkor 50mm f1.4. yang ini belum ada gambarnya, lain kali saya update. hehe

Jika bagian mekanik diafragma sudah dimanipulasi, langsung saja pasang mount nikon, ingat ya kalo buat lubang baut dibuat tirus, sehingga pentolan/mata baut bisa masuk ke dalam dan tidak ngganjal di mount nikon.

Setelah dicoba, ternyata jarak terjauh kurang dari 20 meter, agar lebih mundur dan jarak terjauh bisa fokus tak terhingga silahkan dikalibrasi ring fokusnya, klik saja link tersebut.

ini saya kasih sampel ketika bikin sambungan tuas difragma ke tuas blade





sampel nya pake nikon d70, hanya resize saja, wb mendung kalo ga daylight, lupa...
kalo masih kurang besar di klik saja gambarnya. :D
My SonMy name is Mr Ngaceng


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

7 komentar:

  1. kalo mounting Nikon belinya dimana ya?
    tertarik nih oprek lensa sendiri ^_^

    arif_cengex@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Kebetlan aku punya Minolta Md rokor 50 f/1.4 Aku nyoba teori ini rupanya ring diafragmanya merosot/alias lepas kebawah,apa musti ditambah ring lagi? tolong penjelasan sampe tuntas Mas, sampe pemasangan.biar yang awam jadi ngert apa aku yg oon yah? maturnuwun.

    BalasHapus
  3. maksute diafragma lepas ke bawah om?bagian mananya om?tuas blade atau blade nya?
    Pemasangan apanya om?optik ato mount nya?ato apanya om..?

    BalasHapus
  4. keren artikelnya mas..sangat membantu saya yang lagi kebingungan cari adapter minolta ke nikon ^_^ salam sukses slalu

    BalasHapus
  5. gan pm min dong beli mount nikonnya dimana?? terimakasih gan.

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..