Senin, 05 November 2012

Pantai Ngusalan dan Watu Topi Timur Wediombo

Pantai Ngusalan dan Watu Topi merupakan wilayah di Timur Pantai Wediombo, di Ngusalan ini menyuguhkan karang yang terjal terhempas ombak yang besar, meskipun pasirnya sedikit sekali tapi pemandangan tempat ini sangat menarik, bukan menarik becak tentunya. Selain itu juga ada Air Muncrat atau Seruling Samudra dengan Suara mendesis.

Seruling Samudra Wediombo


Berangkat dari Kota Gede Yogyakarta sekitar jam 9 tet, kami berencana mencari pantai sedahan, perjalanan sekian menit akhirnya sampai Pantai Wediombo (klik saja), motor di parkir di situ. Kemudian jalan dengan modal sok tau dan males tanya akhirnya kami terlalu awal belok, seharusnya lurus malah belok kanan, akhirnya sampai di suatu tempat setelah 10menit lebih jalan, lebihnya 1 jam, awalnya tidak tahu namanya pantai apa ini.

Pantai Ngusalan
Ombak di Ngusalan manabrak bebatuan | seko kamerane Erik Biting


Lokasi Ngusalan di timur setelah Pantai Jungwok, kurang tahu apakah Ngusalan itu pantai apa bukan, tapi orang sana menyebutnya wilayah, sepanjang timur Pantai Jungwok, Sampai barat Pantai Pulutan itu wilayah Ngusalan, sempat tanya juga asal usul Ngusalan, tapi itu memang nama, jadi ya sudah dari dulu namane itu.



Ngusalan Watu Topi
Lapar pun tidak mngurangi niat kami untuk menikmati pemandangan | seko kamerane Erik Biting
Tebing Ngusalan Watu
Mejeng dulu Gan dibantu Sikil Telu, sehabis makan di sini juga | seko kamerane Daniel

Jalan ke Pantai Ngusalan memang terjal dan juga tidak menyakinkan, awalnya saya dkk mau ke Pantai Sedahan, tapi salah belok malah sampe wilayah ngusalan ini.

Watu Topi Merupakan Pantai, bisa disebut Bongkahan Batu menyerupai Topi yang berada di seberang area Ngusalan, ada beberapa orang menyebut Watu Topi itu di Pantai Jungwok, tapi tidak masalah, memang di Ngusalan dan di Pantai Jungwok keduanya ada Batu yang menyerupai Topi, yang terpenting ialah tempat ini menyajikan pemandangan yang luar binasa.

Watu Topi Wediombo
Watu Topi di Ngusalan Timur Pantai Wediombo

Ngusalan Karang
Seruling Samudra ada di bawah situ | seko kamerane Erik Biting

Sedikit ke timur dari watu topi dan melewati bukit terjal akhirnya kami sampai di suatu tempat, ada cekungan yang sangat sempit, dan karangnya tajam, kalau ada ombak lebih baik jangan turun, soale harus mbrobos alias menunduk jengkang jengking untuk turun, cukup dari atas bisa lihat seruling samudra, kalo orang saru menyebutnya Orgasme, tapi bukan saya lho, mau mendekat juga bisa kok, adrenalin jadi terpacu karena suara desis an dan ombak yang siap menjepit di antara karang yang tajam, ada juga binatang laut kecil kecil entah tidak tahu namanya apa, mending lihat gambarnya saja.



seruling samudra yogyakarta
Seruling Samudra nya malu ga mau keluar setelah di dekati Mas Erik Biting

Pantai Ngusalan Karang
Ombak memasuki rongga rongga karang masih Seruling Samudra di kawasan Ngusalan 



seruling samudra gunung kidul
Salah satu Seruling Samudra Ngusalan Wediombo Gunung Kidul
Jika ingin ke Pantai Ngusalan dan Watu Topi Pantai Timur Wediombo haruslah dipersiapkan tenaga ekstra, dan bekal yang cukup, dan tentunya doa dan kamera. Nanggung rasanya kalo tidak bergeser ke timur sedikit saja di Pantai Sedahan, atau Pantai Dadapan maupun Pantai Pulutan, seperempat jam saja sampai kok.


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

5 komentar:

  1. malem lebaran agustus wingi dab, yo sitik sitik unsur reunian...

    BalasHapus
  2. Kenal pak sapan gan?..
    Ane pernah mampir di rumahnya, deket pantai ngusalan..

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..