Rabu, 02 November 2011

Ikut Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo

Nusantara diadakan di kota Sidoarjo, di Sun City Convention Hall, pada tanggal 28-30 Oktober 2011, dan bertepatan pula dengan hari Sumpah Pemuda. Acara tersebut dihadiri sekitar 1300 peserta yang tersebar dari beberapa pulau, seperti sumatra, kalimantan, sulawesi, nusa tenggara, bali, dan terbanyak yaitu di pulau jawa dan madura. Beberapa sponsor juga ikut andil dalam acara tersebut, yaitu XL sebagai sponsor utama, idblognework, blibli.com, dan beberapa media partner lainya. Pembicara dari Google yaitu Vinny Vijeyakumaar, pen olson yaitu willis wee dan pembicara lainya, termasuk Blood For Live mbak sili (iklan google chrome), dll, saking banyaknya sampai lupa kalo disebutkan satu per satu.

Berangkat dari Terminal Giwangan pada hari kamis malam, dan sampai sana hari berikutnya, saya naik angkot dan turun di suncity, ternyata menginap bukan di suncity hotel hahaha, tapi di Gor Sidoarjo, dengan beralaskan kasur dan bantal yang disediakan panitia (kayaknya ini bantuan dari pemda, soalnya ketika bapak wakil Bupati membuka acara sempat bilang kalo kasurnya silahkan bawa pulang asal bisa bawanya). MCK pun juga memadai, dibuat kamar mandi lengkap dengan toilet, semi permanen dan sudah di semen,lengkap dengan shower ala hotel hotel elit,tapi soal kemiringan pembuangan air tidak diperhatikan, banyak yang menggenang. Dengan menginap di gor saya rasa kebersamaan akan lebih terbentuk, tidak ada sekat yang memisahkan. Fasilitas makan juga 3x sehari sama kayak minum obat, cukuplah bagi tubuh saya yang terbiasa 2x sehari, maklum prihatin dab ben uripe tenang.

Hari pertama datang di gor, langsung disambut dengan menu sarapan, sayurnya ada yang basi, terutama buah semangka nya, kayaknya makanan semalam, tapi tak apalah, masih ada daging dan nasi dan sambal yang masih bisa dimakan. Sekitar jam 8.30 dari barak pengungsian alias gor, kita berangkat ke sun city, sekitar 10 menit jalan kaki. Sesampai di sana disuguh'i pertunjukan pentas seni dari daerah sekitar, ini berturut-turut dari hari jumat sabtu dan minggu selalu dibuka dengan pertunjukan. Acara pas di dalam convention hall silahkan liat saja drop down acara nya di bloggernusantara.com, ketika di dalam hari pertama kita para blogger yang tergabung di komunitas blogger jogja sudah mengalami penyakit ngantuk, kebetulan saya duduk di deretan depan dari teman-teman jogja lainya, begitu lihat ke belakang nampak beberapa yang sedang menunduk tertidur, dan beberapa ada yang masih mendengarkan pembicara dengan mata merah, muka pucat, saya pun juga mengalami. Hari selanjutnya juga tidak begitu berbeda. Tidak usah dicritakan, kalo pengen tahu makanya ikut saja bloggernusantara di tahun 2012, ndesoo....

Langsung saja saya sambung hari terakhir, hari minggu dimulai agak telat, sekitar jam 10an kayaknya. Dan selesai sekitar jam 1 siang, sekalian membagikan sertifikat dan tas dari XL, maklum seponsor utama, tas nya lumayan tebal, dan ada tempat buat leptop, notbok, netbook, dsb. Ketika sampai di barak (gor -red) kami sempat santai sejenak sambil menikmati kipas blower yang disediakan panitia, karena udara siang itu sidoarjo lumayan panas. Sudah mendekati jam 3 kita packing, tidak lupa dengan apa yang dikatakan walikota, kita para blogger dari jogja mempacking kasur masing-masing, denger-denger ada yang tanya ke panitia silahkan saja di bawa, eh tau-tau setelah selesai packing, dan siap membawa pulang barang-barang kita, termasuk kasur+bantal, ada panitia datang dari kejahuan bawa megacot bilang kalo tidak boleh membawa kasur, dengan dalih mau diberikan ke pondok pesantren, wah banyak yang kecewa, dan bertanya-tanya, kenapa baru sekarang bilang? apakah ini cuma alasan belaka saja biar tidak di bawa pulang? soalnya tidak ada rencana mau disalurkan? kenapa panitia cuma bilang dari jarak jauh, kayak takut kalo ditanya lebih detail? "ra ndue unggah ungguh waton ngomong bengok-bengok" (itu pikiran pertama saya), kita kan juga tidak terlalu banyak, sebagian sudah pada pulang, masak ngomong di depan pintu, sedangkan posisi kita di pojok. Bukan masalah materi, tapi ini sangat terlihat sekali tanda tanya yang besar..(silahkan simpulkan sendiri). Akhirnya kami pun bilang "yo wis ngalah wae".

Setelah itu kami pulang, dan saya berpisah dengan teman2 KBJ (Komunitas Blogger Jogja), saya mampir dulu ke pandaan, biasa lah anak muda, dari sun city nunut mobil pacare mas tomipurba, sampai jalan opo kae terus turun, naik angkot kota, dan kemudian naik angkutan yang agak besar, istilahnya bison ke arah malang, lewat lapindo juga. Dari pandaan saya naik bus dan sampai giwangan jam 3 pagi, tidur giwangan sampai jam 6, ambil motor kemudian pulang ke klaten.

Untuk panitia memang sangat luar biasa, memang sangat susah membuat acara seperti itu, salut buat panitia. (kecuali yang bilang pake megacot setelah kita packing kasur)


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

6 komentar:

  1. ora moto om,ga gowo dijital, nganggo analog eman-eman.. :D

    BalasHapus
  2. hahaha...wue..semoga rejekine kutho...ora mung kutho,nanging sewu kutho

    BalasHapus
  3. waahh kok postingannya g da photonya... blogger nusantar keren :00

    BalasHapus
  4. @atasku : hehe lain kali bawa digital deh mas, trimakasih sudah manganper

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..