Sabtu, 30 Juli 2011

Taman Maria Giri Wening, Ziarah Perbatasan Klaten - GunungKidul

Taman Maria Giri Wening sekarang menjadi Gua Maria Giri Wening terletak di desa Sengonkerep, Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, berdiri sebuah bangunan yang akan / sudah digunakan umat katholik (khususnya) untuk ziarah, yaitu Taman Maria Wahyu Ibu-Ku, yang lebih dikenal dengan Taman Maria Giri Wening atau Gua Maria Giri Wening. Memang lokasi termasuk wilayah yogyakarya, yaitu di Gunung Kidul, tetapi jika ingin ke lokasi lebih baik lewat klaten saja, karena lokasinya dekat perbatasan dengan klaten yang selalu bersinar..hehe, Taman Maria Giri Wening termasuk wilayah paroki Wedi.

Berangkat dari klaten, rumah'e ortuku, sekitar jam 11, hanya pedoman petunjuk yang di facebook saja, kebetulan seorang teman uda cari informasi, dan langsung berangkat saja. Melalui Bendo Gantungan, tepatnya lampu bangjo setelah Pabrik Gula Gondang (Gondrong nDangdut) kalo dari jogja. Perempatan serong Bendogantungan belok kanan, alias ke selatan, alias ke arah Pasar Wedi, setelah sampai pasar wedi, terus saja ke selatan, arah gantiwarno (bukan ke arah bayat lho..), maka akan memasuki desa canan, gantiwarno. Setelah sampai gantiwarno, tepatnya canan, lurus saja ikuti jalan aspal yang mulus dan menyakinkan tersebut, nanti akan melewati jembatan sungai yang lumayan besar (kalo g salah sungai apa ya? dengkeng, ato oyo ato apalagi..??), setalah jembatan maka akan sampai pertigaan, kalo belok kanan ke arah desa kragilan, tapi lewatnya yang belok kiri, melalui desa jogoprayan, ujung desa jogoprayan ada pertigaan, silahkan belok kanan.. dan selanjutnya silahkan tanya saja desa Sengonkerep, kelurahan Sampang (kami lewat sini pas pulang). Atau bertanya pas di desa Jogoprayan saja, sesuai google maps, jarak dari jogoprayan ke sampang tidak sampai 5km (ini bukan ditarik lurus, tp mengukur lewat jalan), atau sekitar 10 menit saja. Ini ada venue nya, bagi yang sering check in.



maria giri wening
Ziarah Taman Maria Giri Wening
Sebelumnya minta maap yah? kami berangkat tersesat gara-gara info yang di facebook, semoga saja sekarang sudah diubah (masak kasih acuan kebon tebu??disana mah banyak, setelah itu ga dikasitau lagi belok kanan nya di bagian mana??), kami tersesat sampai desa watugajah (pertigaan watugajah, sebelum naik), setelah tanya, dari pertigaan tersebut kami belok kanan saja / barat, kemudian ada jembatan bisa lurus (muter), bisa belok kanan sejajar sungai yang jembatan dilewati tadi, kemudian ketemu aspal kanan saja (kalo kiri balek lagi), ikuti jalan tersebut nanti ada pertigaan silahkan belok kiri dan melewati SD Sampang, kalo belok kanan ntar sampai jogoprayan lagi.



maria giri wening
Taman Maria Giri Wening tempat ziarah di Paroki Wedi Propinsi Yogyakarta
(update tadi sore, 30 Nov 2011)

Lokasi Taman / Gua Maria Giri Wening : Sebagi patokan harus tahu pertigaan pentok'kan jalan selatan sungai dengkeng (jembatan agak naik, dibagi menjadi 2 lajur kecil), dari pertigaan situ belok kiri, ke arah desa jogoprayan, kalo kanan ke desa kragilan, itu kiri saja. Setelah melewati utara desa jogoprayan kira kira dari pertigaan tadi 0.9km ada pertigaan besar agak serong, pertigaan di ujung desa lho ya, ambil kanan saja, jangan lurus, kalo lurus nanti sampai jalan mau ke gedangsari. 



Setelah ambil kanan dari pertigaan di ujung desa jogoprayan tadi, silahkan ikuti saja jalan tersebut, pokoknya ikuti saja, kemudian setelah melewati persawahan, maka jalan akan mentok dan sampai di desa sampang, kemudian kiri, ikuti jalan aspal tersebut,  kalo ada pertigaan lurus saja ikuti jalan, nanti sekitar 2.6km dari pertigaan ujung desa tadi maka akan melewati SD sampang di kanan jalan, ini jalanya mengitari timur pegunungan (bagian kanan jalan sudah pegunungan). Dari SD Sampang maju dikit 300 Meter nanti ada pertigaan silahkan masuk saja, belok kanan. Dari pertigaan tersebut ikuti jalan sampai pertigaan serong kiri, ambil yang lurus saja alias naik, ikuti jalan tersebut ya lumayan lah, nanti melewati masjid apa mushola ya di kiri jalan, itu lurus saja, kemudian perhatikan pertigaan yang ada petunjuknya silahkan belok kanan, dan sampai dah.

Sebagai gambaran saja, nanti kalau sudah hampir sampai, jalanya naik / nanjak,(bus tanggung bisa masuk) dan ada pertigaan belok saja, ke arah kapel, nanti melewati kapel dengan jalan kecil, cukup mobil saja, dari kapel maju lagi sekitar 100meter sampai ke sebuah rumah, yah itu rumah dedengkotnya Taman Maria tersebut, di rumah tersebut segala hal informasi tentang Taman Maria Giri Wening bisa didapat,saya lupa lagi nama pemiliknya.

Sampai sana kami disambut dengan baik, tanggapan sangat ramah, dari rumah tersebut jalan kaki ya cuma beberapa meter saja (200'an meter), dan kemudian sampai. Untuk Lokasi sekarang (lihat tanggal post) masih dibangun, jadi silahkan datang sendiri jika ingin tahu seperti apa, cukup beberapa gambar saja, hehe... Oh iya, sekedara info, Patung maria tersebut terbuat dari batu, jadi cukup berat untuk membawa ke lokasi, dahulu jalanya juga masih susah, lihat saja foto-foto dokumentasi di rumah tersebut. (rumah samping kapel) 

Jika ingin lihat yang lebih besar silahkan melalui flickr, klik aja gambar-gambar dibawah ini.
Bagi yang ingin membantu pembangunan hubungi saja nomer yang tertera di gambar tersebut



Maria Giri Wening Design
Ziarah Taman Maria Giri Wening Suadah Jadi

Maria Giri Wening Proposal
Pembangunan Taman Maria Giri Wening

Taman Maria Giri Wening Desain
Latar Belakang dibangunnya Taman Maria Giri Wening


Terimakasih sudah membaca artikel tentang Taman Gua Maria Giri Wening, Ziarah Perbatasan Klaten - Yogyakarta , jangan lupa untuk mampir di Luweng Sampang tempatnya batu batuan seperti Green Canyon kalo di luar negeri, lokasinya sangat dekat dan satu jalur kok, tidak lupa juga untuk mengunjungi Bukit Watu Gajah, disebelah timur, cuma 5 menit dari luweng sampang kok.


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

15 komentar:

  1. keren banget nig gua maria nya. jadi pengen ke situ. makasi infonya ya.

    BalasHapus
  2. AKU BARU SAJA BERKUNJUNG KE TAMAN MARIA GIRI WENING DUA HARI LALU. BAGUS DAN INSPIRATIF LHO. BISA UNTUK MENENANGKAN DIRI, RETRET MAUPUN MENCARI INSPIRASI. COBA AJA KE SANA.

    PRAPTA DIHARJA

    BalasHapus
  3. sempat tersesat, tapi akhirnya ketemu juga. dari atas bukit viewnya juga mantap

    BalasHapus
  4. kalo disana fto2 boleh gk ya?
    kya fto buat prewed gitu?

    BalasHapus
  5. @andre : monggo monggo, lansung TKP aja, temen klaten juga ada to..?
    @usd : Semoga setelah jadi juga tetap bagus..hehe
    @rumput dan ilalang : selamat menikmati..
    @joe : bukan masalah boleh pa tidak sob,tapi berhubungan sama lingkungan sekitar,kalo menurut saya sendiri boleh saja asal tidak mengganggu, mengganggu pemandangan, mengganggu orang yang sedang doa,mengganggu makhluk yang tidak nampak, maupun mengganggu nilai nilai yang ada,dll. Lha itu saya dapet gambarnnya kan harus foto dulu.. :D hehe

    BalasHapus
  6. saya baru saja melihat berita di metro.
    Saya tidak tahu koq ada provokasi untuk penolakan tempat ziarah ini :(

    BalasHapus
  7. kemaren sampe sekarang saya coment disini, masih rame disana, sebelumnya beredar brosur di fb, untuk mengadakan tabligh akbar penolakan Giri Wening, kalo belum dihapus silahkan kunjungi link dibawah, marilah kita lihat dengan bijaksana, dan sudut pandang setiap orang berbeda...

    sing penting ojo do jotos jotos an...
    maap baru update, kemaren hanya silent rider aja, sibuk waisak'an...
    "http://lm4.us/3YA" tanda petik dihilangi ya..

    BalasHapus
  8. gak mengikuti beritanya dari awal, emang awal kasuse opo tho?

    BalasHapus
  9. mas bimo, woo ra moco komenkuk, padahal neng nduwurmu pas kui...

    BalasHapus
  10. Sekitar pukul dua siang, salah seorang Polisi yang berjaga di Gereja Wedi melaporkan bahwa kondisi Gua Maria aman terkendali. Tidak ada pengrusakkan dan anarkisme sama sekali. Arus balik jamaah pun tertib. Walaupun sempat ada kekhawatiran akan terjadi chaos. Selanjutnya Polisi pun menarik diri dari Gereja dan jalanan yang dilalui rombongan jamaah. Dan misa Minggu sore pun berjalan lancar, walaupun ada tanda tanya dari sebagian umat yang merasakan adanya kejanggalan pada hari Minggu ini.
    ---Aditya Wijaya

    lebih detilnya "http://livebeta.kaskus.us/show_post/000000000000000692393365/174/"

    BalasHapus
  11. semoga dengan kejadian baru2 ini Gua Maria Giri Wening tetap kokoh berdiri dan semakin indah


    salam,

    ngritikacara

    BalasHapus
  12. semuanya Tuhan sudah merencanakan da Goa tetap berdiri kokoh, kami dukung dari Papua, suara Papua akan menyuarakan kemuliaan Bunda Maria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Dukungannya, Seminggu yg lalu saya juga kesana lagi, tidur di sana, masih nyaman dan tenang suasananya...

      Hapus
  13. semuanya Tuhan sudah merencanakan da Goa tetap berdiri kokoh, kami dukung dari Papua, suara Papua akan menyuarakan kemuliaan Bunda Maria

    BalasHapus
  14. Gan yg tanjakan trus ada masjid/mushola ambil kanan gan. Masuk terus mentok ke bawah. Nah rumah bapak saya.

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..