Minggu, 07 Agustus 2011

Olympus Pen FT Kamera Analog Setengah Frame & Lensa Zuiko

Olympus Pen FT merupakan kamera analog / kamera slr dengan sensor berupa film, ada majalah tentang kamera analog juga lho, yang istimewa dari kamera ini adalah pada resolusi tiap frame nya, kalau pada slr yang menggunakan film 35mm, ini cukup setengahnya saja yaitu dengan ukuran 24x18mm, yang disebut half frame, apabila menggunakan film 36 akan menghasilkan 72 gambar pada umumnya, jika tidak umum ya bisa kurang dari itu, bahkan lebih.

Berawal dari kebosanan yang melanda karena menggunakan kamera slr, lagipula rana juga tidak sinkron pada 1/1000 dan 1/2000, yang dapat berpengaruh pada hasil, lensa favorit juga sudah berpindah tangan dan shuter juga sering ngunci, alias ngancingan, biar lancar kudu diperlakukan khusus.

olympus pen half frameKamera Analog Olympus pen FT diperkenalkan pada tahun 1966 yang menggantikan seri sebelumnya yaitu half frame pertama kali Olympus pen F yang dikenalkan tahun 1963. Kamera ini sudah ada meteringnya, dengan menggunakan batere mercury bertegangan 1.3 volt. Sistem metering menggunakan cermin semi-perak yang diarahkan dari beberapa cahaya ke sel metering, dan sisanya ke view finder. Kamera ini menggunakan cermin dengan bergerak buka tutup ke samping, lain dengan SLR pada umumnya yang arahnya ke atas, kamera ini menggunakan beberapa cermin dalam viewfinder nya, berbeda dengan yang ber-prisma seperti SLR lainya, silahkan lihat saja bodynya, biasanya analog bagian atas berbentuk ada benjolan sebagai tempat prisma. Di bagian pinggir juga ada slot untuk mencolokkan kabel flash, tapi dudukan flash (hotshoe) tidak ada. Pengaturan speed ada dibagian depan, namun speed tercepat 1/500 saja, dan asa juga di situ antara 25-400. Fokusing screen nya menggunakan seperti kulit jeruk, yang di bagian tengah ada lingkaran kalau fokus akan terlihat jelas. Dibagian depan ada self timernya atau sekitar 11 detik. Jarak register flange kamera ini cuma 28.95 mm untuk lainya silahkah lihat disini, jadi sangat memungkinkan untuk ditempel lensa lensa RF, contohnya Yashinon DX, copotan dari kamera yashica lynx, tapi cari mount nya susah men.., harus ke tukang bubut.

olympus pen zuiko

olympus pen ft


lensa olympus pen

Kamera Olympus pen yang saya bawa disertai 3 lensa Olympus Zuiko, antara lain spesifikasi sbb:

No Seri 115383 G Zuiko Auto W 20mm f3.5 yang setara dengan lensa 28mm, filter 43mm, berat 145 gram, jarak fokus minimal 20cm, ini merupakan lensa olympus pen f terlebar.
No Seri 296339 F Zuiko Auto S 38mm f1.8 yang setara dengan lensa 55mm, filter 43mm, berat 135 gram, jarak fokus minimal 35cm.
No Seri 201018 E Zuiko Auto T 150mm f4 yang setara dengan lensa 210mm, filter 49mm, berat 380 gram, jarak fokus minimal 170cm, sudah ada internal hood lho..

lensa zuiko

Hasilnya Pake Olympus Pen F dengan Lensa E Zuiko Auto T 150mm f4 ketika Kirab Royal Wedding Kraton Yogyakarta

Hasil Gambar Olympus Pen F


Referensi : http://www.cjo.info/personal/html/ccc/olympuspenft.html

Contoh Hasil dari Kamera Analog Olympus Pen FT lainya silahkan kunjungi disini


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

5 komentar:

  1. iki barang dagangan pow review produk om ?

    BalasHapus
  2. @mas bima : husssss, ojo dijual... iki mung jilehan kok...

    BalasHapus
  3. Mas, kl lensa OMnya di pasang di Canon EOS dengan mount lens adapter OM to EOS bisa gak? thx

    BalasHapus
  4. ada rencana di lego ngak lensa nya kalau masih bening :):):) boleh ditawarkan 081932410204

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..