Sabtu, 03 September 2011

Jalan Alternatif Prambanan Jogja sekaligus Lokasi Pecinta Fotografi

Berawal dari kemarin siang (lihat tanggal post), bertepatan dengan libur lebaran, dan padat merayapnya arus mudik, tapi saya harus pergi ke kulon progo, untuk jadi transporter. Sekitar jam 9 pagi membaca status facebook salah satu teman mengatakan kalo jalan klaten jogja penuh, terutama prambanan-kalasan. Waduh niat pergi ke kulon progo harus dipersiapkan tentunya, karena saya sendiri orangnya susah untuk percaya maka jam 11an saya membuktikan sendiri berangkat, melalui jalan utama klaten-jogja. Dengan pertimbangan yaitu jika melalui manisrenggo-ngemplak dan tembus di jalan kaliurang maka akan macet, soalnya H-2 sebelum lebaran sudah lumayan padat, dan jalan di sekitar kali gendol juga rusak parah sekaligus debu.

Setelah sampai PG.Gondang memang terlihat jalan sudah padat, tapi lancar, baru memasuki wilayah pandan simping atau sekitar pabrik SGM, jalan mulai padat marayap, untung naik motor roda dua tinggal selip sana selip sini, berbekal skill jadi lebih mudah, tapi tetep saja merayap dan harus ngantri. Setelah sampai prambanan jalan semakin penuh saja, masak harus gas rem gas rem, akhirnya saya memutuskan untuk belok ke arah masjid besar prambanan, dan memasuki perkampungan dan keluar lagi di jalan prambanan-piyungan.

Dahulu malam-malam pernah sampai daerah jogotirto, dengan pedoman sudah pernah mblasak dan jalan nya mulus, akhirnya lewat jogotirto, dengan sebelumnya belok kanan (dari jalan prambanan-piyungan) di samping boko, arah spbe. Kemudian memotong jalan alternatif kalasan-wonosari, terus saja hingga sampai daerah jogotirto, kemudian belok kanan ke arah desa tegaltirrto, sebaiknya tanya, patokanya cuma sawah.

Sebelum sampai pasar tegaltirto, yang ada pertigaan,jika ke selatan arah agen bis BIMA, ada swalayan juga, pokoknya rame, dengan tidak sengaja melalui sebuah jembatan yang biasa saja, tapi sebelahnya ada jembatan tua, dengan padas-padas di bawahnya dan pohonan yang banyak, ini merupakan terusan kali Opak yang di prambanan, ketika itu aliranya kecil seperti sungai bawah jembatan gantung dekat gunung api purba. Parkir juga luas, suara air gemercik, yah sangat syahdu jika untuk nyantai maupun beckground foto model. Nih ane kasi sampel gan..:D

lokasi foto model berbah

lidwina

Dilanjut lagi cerita perjalanya, setelah sampai pertigaan pasar tegaltirto sebaiknya lurus saja, dan lurus lurus lurus ke arah barat maka akan sampai ringroad timur, tepatnya di selatan perempatan ringroad blok O adisucipto ( selatan janti ). Memang belak belok, tapi ini lumayan juga untuk menghindari macet musim mudik, dan jalan nya juga melalui sawah sawah, pedesaan (kalo saya biasa soalnya orang desa).


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

8 komentar:

  1. Jalan Kalasan cukup ramai tadi siang, saya baru saja pulang dari Gua Sentono sama Situs Watu Gudhig. Klo Jl. Jogja-Piyungan lancar blas.

    BalasHapus
  2. jembatannya boleh juga sob, lokasi tepatnya dimana ya?

    BalasHapus
  3. belum pernah lewat sini mas..... kapan2 tak coba lewat sini :D

    BalasHapus
  4. wah mantabz ini bisa jadi referensi artikel...klu mas anda berkenan bisa memasukkan dan mengirim karya foto dan artikelnya ke mail.slemanonline[at]gmail.com . salam. slemanonline

    BalasHapus
  5. @yacob : wah aku sampai sekarang masih belum sempat ke Goa Sentono...maturnuwun kunjungane mas
    @rumput&ilalang : itu sob uda saya jabarkan diatas, oh iya beberapa bulan kemaren saya juga ke sana lagi, tapi lewat jalan pertigaan pas SD kanisius kalasan, kan ada rambu-rambu arah berbah, ikuti saja keselatan melalui jalan aspal mulus tersebut, nanti sampai perempatan tegaltirto kyknya, belok kiri(timur) kalo dari utara (perempatan jalan mulus cuma 2 arah saja, dari utara dan barat). Selain itu bisa melalui pertigaan sebelah barat kantor Kedaulatan Rakyat, tikungan jaln jogja solo, dari prambanan belok kiri (selatan), terus saja nanti akan sampai di jalan tengah kota berbah, sampai pertigaan besar ketimur saja, dan nanti akan ketemu perempatan yang sudah saya sebut kalimat diatas...maturnuwun kunjungane
    @adie : langsung hajar wae mas, sing penting modal takon mesti lancar.. maturnuwun kunjungane
    @slemanonline : wah senang sekali kalo ada yang mereferensikan artikel saya, langsung saja mas prasmanan, nanti kalo ada yang kurang jelas PM saja,barangkali bisa menjawab dan tentunya narasumber itu penting..maturnuwun kunjungane

    BalasHapus
  6. modelnya montok amat gan? :-P

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..