Senin, 30 Januari 2012

Gua Sioyot Wisata Alam Stalagtit Stalagmit di Jogja

Goa Sioyot merupakan Wisata Alam Caving Susur Goa yang dipenuhi Stalakmit Stalaktit yang masih asri, gua ini dialiri air walaupun tidak dalam, paling dalam hanya setinggi dada orang dewasa. Gua Sioyot berada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Di desa yang terletak di sebelah utara Kota Wonosari menyuguhkan potensi keindahan alam, salah satunya Petualangan Ekstrim Goa Sioyot, lokasinya berdekatan dengan Goa Pindul, satu sekretariat. Seperti yang ada dalam artikel blog wirawisata.blogspot.com, Sesampainya dilokasi, akan dipandu untuk masuk ke dalam goa. Memasuki Gua Sioyot harus merangkak karena jalan masuknya sempit dan rendah, kalo berdiri tidak bisa, jadi haruslah dipikirkan lagi ketika masuk ke dalam, saya sarankan yang punya penyakit boyok maupun encok jangan masuk ya..

Gua Sioyot
Goa Sioyot - sumber: wirawisata.blogspot.com

Setelah masuk, akan mendapati permukaan goa yang berair sedangkan sebagian lagi kering karena permukaan goa berbeda tingginya. setelah masuk diharuskan untuk melewati air sampai ke dada, jadi siap siap lah bawa pakaian dobel

Ketika sudah masuk dalam gua akan menemukan keindahan pemandangan alam yang dipenuhi oleh stalagmit dan stalagtit aktif, yaitu; puting, jantan, tirai, soko guru, jangan kaget kalo mendengar suara gemuruh derasnya air terjun, tapi jika dicari tidak akan menemukan dimana letaknya.

Goa Sioyot
Goa Sioyot - sumber: wirawisata.blogspot.com

Setelah sekitar 900 meter berjalan, akan diberi waktu untuk beristirahat maupun mengabadikan keindahan alam sekitar dengan kamera.

Perjalanan selanjutnya sekitar 500 meter, akan menemukan ruang yang luas dan dipenuhi dipenuhi oleh stalagtit yang indah. Tidak terasa kok udah sampai ujung dan perjalanan berakhir.

Itulah yang saya kutip dari blognya jogjawisatakita.blogspot.com, menurut info panjang lintasan caving di Gua Sioyot adalah 1000-1500 meter dan dapat ditempuh dalam waktu 1-2 jam. Jadi Kapan mau ke Goa Sioyot?


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

4 komentar:

  1. Jalan2 pagi juga kesini sambil lihat2 Stalagtit & Stalagmit Sioyot..

    happy blogging

    BalasHapus
  2. sumbernya dari web wirawisata mas :)
    wirawisata.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Sakahayang Kang Asep : trimakasih kunjungannya om..
    Wirawisata Gelaran II : wah ternyata, saya salam mengambil referensi, web yang saya referensi tidak mencamtumkan sumbernya... oke mas trimakasi koreksinya, akan saya ganti..

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..