Selasa, 13 Desember 2011

Jembatan Gantung dan Gunung Api Purba di Patuk Gunungkidul Jogja

Jembatan Gantung dan Gunung Api Purba di Patuk Gunungkidul Yogyakarta merupakan wisata alam yang berdekatan, namanya Jembatan Gantung Lemah Abang dan Gunung Api Purba Nglanggeran, dua lokasi ini menyuguhkan pemandangan yang masih alami, berupa padas karst, vegetasi, aliran air, sangat cocok untuk lokasi menyalurkan hoby fotografi, ( foto model, pra wedding, slowspeed / bulp aliran air, makro serangga maupun bunga ) atau sekedar menikmati saja.

jembatan gantung patuk
dari bawah jembatan gantung pake lensa 17mm, jadi terasa jembirnya

Ini sebenarnya tahunya sudah hampir 2 taun yang lalu, awal bulan pada 2010 lalu bersama 2 orang konco alias teman, berangkat dari klaten, melalui gantiwarno, kemudian naik melalui Gayamharjo, tepatnya jalan ketika mau menuju di Sendang Sriningsih, njali. Pulang melalui jogja. Dulu belum kepikiran nge'share di blog, dan baru sekarang.

jembatan gantung
Mas Agung karo Wahyu di Jembatan Gantung, perjalanan pulang sepul motor e mati.

Jembatan Gantung Lemah Abang terletak di desa ngoro-oro, nama dusunnya kurang tau, yang jelas jembatan ini terkenal di sekitar warga, maklum kan kalo orang desa ditanya tempat dengan radius yang jaraknya banyak kilometer pasti tahu, saya sendiri pernah tanya seorang anak kecil siswa SMP PL Gantiwarno (ini letaknya masih di bawah bukit lho), dengan tegas dia menjawab "Yo ngerti nuh mas, kana kae lho", wah kirain dekat, eh ternyata setelah dicari rutenya ya lumayan dekat juga, kira kira 30 menit dari mulai mendaki bukti melalui perbatasan Gantiwarno-Sleman, kalo sudah pernah di Gua Maria Sendang Sriningsih ya tinggal naiki saja bukit diselatannya. Rutenya susah dijelaskan, soalnya beloknya sana sini pedomannya susah dijelaskan, dan pastilah setelah menaiki bukit bisa menikmati keindahan alam, mantap pokokke.

Sekilas Tentang Desa Ngoro-oro, desa ini berada di kecamatan patuk, dan didirikan beberapa Tower Stasiun Pemancar Ulang Stasiun Televisi, kalo lihat arah selatan (dari klaten), ato lihat arah timur/tenggara (dari jogja) ada beberapa lampu merah kelap kelip yang berdiri di beberapa tower ya itulah desa ngoro-oro.

tower pemancar ulang stasiun televisi
Pemancar Ulang Stasiun Televisi dari Gunung Api Purba
Lanjut lagi ceritanya, untuk menuju lokasi tersebut bisa dilalui melalui jalan utama patuk gunungkidul, jalan yang menghubungkan jogja dengan wonosari, pasar piyungan naik, nanti melewati Bukit Bintang / Argo Dumilah kata orang-orang gitu seh, kemudian sampai di atas ada Perempatan yang menikung satu jalan sisi kiri tidak begitu besar, sebelah kanan lumayan lebih besar, dan dekat kantor polisi. Nah ketika sampai di situ belok kiri saja, ada petunjuknnya juga tulisan Gunung Api Purba, kemudian ikuti jalan tersebut (utara), ikuti saja nanti akan melewati desa ngoro-oro, dan melewati tower tower pemancar. Setelah melewati tower pemancar ikuti saja jalan tersebut maka akan ada perempatan yang lumayan besar, tapi yang sisi kiri jalannya lebih kecil dari jalan yang membelah desa ngoro-oro, yang sisi kanan jalannya besar.

Lokasi Jembatan Gantung dan Gunung Api Purba

Jika ingin ke Jembatan Gantung ambil yang kiri, ikuti saja jalan tersebut, dan sangat disarankan gunakan motor dengan mesin dan rem yang bekerja sempurna, jangan kayak motor yang saya pakai, karena tidak bisa nge'rem banting saja ke pelataran warga. Ini jalanya lumayan juga dengan sudut kemiringan sekian derajat, haha ukur aja sendiri. Ya kira kira 1km dari perempatan akan sampai juga di jembatan gantung, oh iya ini mobil bisa masuk sampai ke samping jembatan gantung, tapi tidak bisa lewat diatasnya.

Jika ingin ke Gunung Api Purba desa Nglanggeran, dari perempatan tadi ambil yang kanan, kira kira 2 km akan sampai di kawasan Gunung Api Purba, dan yang harus diperhatikan ketika hujan ato setelah hujan harap hati-hati ya jika ingin naik, soale licin, pernah kepleset je..

foto di gunung api purba
Di atas gunung api purba, tower ngoro-oro nampak meskipun kecil dan kurang jelas

Kembali lagi ke Jembatan Gantung Lemah Abang, selain melalui patuk dan melalui klaten, masih ada jalan alternatif lain, yaitu melalui Desa Surogedug, desa ini juga dilewati jalan utama Prambanan-Piyungan, ataupun jalan alternatif yang dari Jalan Jogja-Solo Kalasan dekat RS.Panti Rini, sebelah barat Bangjo Kalasan, ataupun timur SPBU kalasan yang utara jalan.  Dari prambanan maupun dari kalasan nanti akan bertemu di pertigaan SPBU yang berada di selatan Candi Boko, dari SPBU tersebut ke selatan saja, arah piyungan, nanti perempatan ke berapa ya? dua atau tiga, perhatikan rambu-rambu penunjuk arah di atas jalan, ada tulisan Surogedug arah kiri, lha setelah sampai perempatan kiri saja dan ikuti jalan, jalnnya lumayan lebar dan mulus kok, nanti ke timur dan nikung kanan kiri sehingga sampai tengah sawah, lurus terus, ada perempatan lurus terus, dan perhatikan perempatan sebelum tikungan ke kanan, ada Sekolahan apa gitu lupa namanya. dari perempatan tersebut belok kiri (timur), dan setelah 3km an nanti akan menaiki bukit, lagi lagi pemandangannya mantap lho, setelah menaiki bukit dan sampai atas ikuti saja jalan tersebut, jalannya masih mulus kok. Pedoman untuk ke arah Jembatan Gantung yaitu melalui pertigaan jalan mulus tersebut, tikungan jalan yang mulus mendekati 90 derajat, tapi lihat lurus ke depan siku tikungan tersebut ada jalan kecil menuju jembatan, ya itulah jalannya, dan ini lebih baik menggunakan motor yang aman, kalo mobil lebih baik melalui patuk saja. Kalo masih bingung tanya saja arah jembatan gantung, ngoro-oro pasti pada tau kok..ndeso gitu lho...

Oh iya, itu jembatan bagian ujung kawatnya sudah putus satu, jadi hati hati kalo di sana, dan jangan memberi beban diam di atas jembatan, kalo melintas jangan langsung banyak motor / banyak orang sekaligus

jembatan gantung ngoro-oro
dari atas jembatan gantung lemah abang sisi utara , lagi dipake buat mandi sapi

jembatan gantung gunungkidul
Pemandangan dari atas jembatan gantung lemah abang sisi selatan 

jembatan gantung klaten
Pemandangan di bawah jembatan gantung, mau slospitan juga ada

jembatan gantung bantul patuk
Aktivitas di bawah jembatan gantung lemah abang, mau model juga boleh

Jadi kamu kapan mau ke Jembatan Gantung dan Gunung Api Purba?, silahkan kunjungi tempat tempat alam yang berbatu lainnya di sini, ataupun di sini dengan nuansa alam


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

18 komentar:

  1. ki berarti patuk kae belok kiwo san? wahh boleh dicoba kie :D

    BalasHapus
  2. iyo mas, ana tulisane tapi rodo kecil sih...

    BalasHapus
  3. Wah keren-keren tenan mas santo, tapi itu sebelah mana ya? takut ilang di gunung kidul =))

    BalasHapus
  4. wah view ne bagus, kapan-kapan main situ ah, tapi kok rutene kliatanne bingungke gitu mas

    BalasHapus
  5. wah, petualangan seru di gunung kidul

    salam blogwalking

    hmsf08.blogspot.com

    BalasHapus
  6. mas fajar+ mas adi : gampang mas rutene, yg dr klaten emang ruwet, yg dari surogedug ora pati ruwet, yg dari patuk paling mudah, piyungan naik, bukit bintang naek lagi, sampe atas, sebelum pos polisi belok kiri, ada tulisanya mas...

    BalasHapus
  7. wah.. sy jg mau kesini ah... makasih infonya mas..

    BalasHapus
  8. Sejak tahun lalu mau ke gunung api purba, tapi batal melulu. katanya di sana seru buat nunggu matahari terbit ya?

    BalasHapus
  9. iyo gunung api puruba mantep mbak buat nunggu srengenge angslup..

    BalasHapus
  10. woooalah... kui to jenenge, nuwun mas tambahane..

    BalasHapus
  11. Kang Ndledex, kl dri klaten mw ke wonosari rute lewat gayam harjo bisa lebih detail lg ga?
    pngn nyoba lewat sono, drpd muter lewat Bayat atau Prambanan muter piyungan.
    thankz Kang

    BalasHapus
  12. mas topack, nuwun kunjungane...
    Tergantung wonosarinya mana mas, kalo wilayah barat, termasuk pathuk, lewat gayamharjo lumayan dekat.. Rutenya dr lapangan njali, naik aja...ambil kanan..naik terus, pedomannya susah mas, kalo g liat langsung ga hapal, nanti melewati mejid apa gt, trus kanan...dan sampe jalan besar kiri, jalan besar ini merupakan jalan utama dr bawah, surogedug. Stelah kiri nanti ada pertigaan,masuk ke jemb gantung, lewat sana dan sampai perempatan yg mau ke gn.api purba. Paling enak tanya mas, dr gayamharjo tanya saja jembatan gantung, pasti pd tau kok..

    Atau lewat pasung, timur wedi, naik dr gedangsari, ikuti jalan itu saja,sampai atas ada pertigaan view pemandangan nya mantap,belok kanan, nanti sampai wonosari.. tembusnya mana sy blum pernah mas,cuma sampai pertigaan maju dikit, kata bapak2 disana jg gt mas..

    BalasHapus
  13. wow..
    ngeri banget dah.
    kira2 brapa umurnya ni

    BalasHapus
  14. Wow... kapan aq iso rono?? wingi ra sido rono yo mas dab...

    BalasHapus
  15. aduh og medeni mz. og wes putus saiki wes didandani rubg?

    BalasHapus
  16. wah, ternyata gunungkidul punya banya' tempat wisata jg yaa...!!!
    keren jg..

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..