Rabu, 25 April 2012

Luweng Sampang Air Terjun Green Canyon Perbatasan Yogyakarta

Di Luweng Sampang ada Air Terjun kecil, dengan corak berbatuan seperti Green Canyon, tapi ini di dekat Perbatasan Yogyakarta, tepatnya antara Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah dengan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Orang sekitar menyebutnya luweng sampang, karena memang lokasinya berada di desa sampang, daerah sungai tersebut menyuguhkan pemandangan yang menarik, terutama motif batu batuannya, mungkin karena batu tersebut sudah cukup lama terkena air jadi tergerus mengikuti aliran air.


batu luweng sampang
Luweng Sampang | ini dalam lho, katane yang pada mandi di situ

air terjun
Air Terjun / Grojogan kecil menghiasi Luweng Sampang

Luweng Sampang
Luweng Sampang digunakan untuk mancing penduduk sekitar

Dahulu dibalik grojogan Luweng Sampang alias air terjun kecil tersebut digunakan sebagai pertapaan sunan kalijogo / kalijaga ( kata mbah Legiman, salah satu warga sekitar, dan memang beliau lahirnya hari Legi ), meskipun banjir, tapi tetap aman kok kalo berada di pertapaan tersebut, sampe sekarang juga masih, sekarang digunakan warga sekitar untuk aktivitas mancing, maen maen, ataupun mandi, sayangnya pas disana tau bawa kamera mereka mandinya juga uda selesai, plus tidak ada cew yg mandi juga, apes dah, selain itu tempat tersebut juga digunakan untuk bertapa, prihatin, ataupun menenangkan batin dengan harapan kehidupan kedepane jadi lebih enak, begitu kata mbah Legiman ( Orang Manis, Manis = Legi dalam bahasa jawa, Laki laki = Man,  wekekekek ampun mbah, piss ) ingat ya bukan musrik lho..

Luweng Air Sampang
Luweng Sampang | Aliran sungai di pinggir desa sampang gedangsari gunungkidul

green canyon sampang
Luweng Sampang | kayak di Green Canyon barat Pangandaran

Slowspeed air terjun
Luweng Sampang | spot untuk slowspeed enak juga neh
Untuk sampai di Luweng Sampang tidaklah sulit, karena saya sebenarnya juga sudah lewat sebelumnya ketika mau Ziarah di Taman Maria Giri Wening yang memang berdekatan lokasinya, untuk menuju Luweng Sampang yang penting sampai pasar wedi dahulu, kalo dari jalan jogja-solo, di daerah bendogantungan ke selatan ya, ikuti rambu rambu arah wedi, setelah wedi melalui desa canan / kanan , keselatan sampai jogoprayan, kemudian ke selatan lagi sampai sampang, untuk lebih detilnya silahkan baca artikel tentang Giri Wening, kalo sudah nanti melewati SD Sampang di kanan jalan, maju dikit , dan lokasi Luweng Sampang ada di kiri jalan tersebut, kalo dilihat dari jalan kurang begitu menarik, tapi pas turun ya lumayan lah.

Pertapaan Sunan
Luweng Sampang | aliran air yang kecil namun tidak pernah kering

Pertapaan Kalijaga
Luweng Sampang | Partapaan Sunan Kalijogo / Kalijaga 

Sudah sampai Luweng Sampang kalo tidak sekalian naik Perbukitan daerah Watu Gajah, Kecamatan Gedangsari rasanya nanggung lho, lokasi juga deket kok, tinggal ke timur, atau balik lagi sehingga menemui jembatan yang tadi, terus saja, kemudian naik, dan selamat menikmati. Silahkan baca artikel yang lain tentang keindahan alam ataupun batu batuan.







Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

12 komentar:

  1. ijin share lagi ya, hehehe...
    terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Itu lokasi dari watu gajah masih berapa kilometer kearah gedangsari??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 1.5 km mas kurang lebihnya, sebelah barat agak utara dr watugajah

      Hapus
  3. kalo dr curug gedangsari jauh g mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dekat mas,sebelumnya curug gedhang sari, sebelah baratnya... bias juga lewat jembatan bayat, masuk kemudian lewat atas gunung...

      Hapus
  4. Dulu waktu saya kecil, aliran airnya deras dn tenang. Saya biasa mandi disitu. Na'asnya saya mandi di bawah. Pulang mandi main ke atas. Ada kerbau sedang di mandiin. Jadiiiii saya mandi dibawah pake air aliran dari bekas mandinya si kerbau -..-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah inspairing sekali mas, padakke kebo ae mas... nek saiki musim panas ki mas, banyune sitik mesti..

      Hapus
  5. Dr msjid agung wedi belok kiri trus ngikutin jln itu smpe ada gua maria kiri jln trus kmna?

    BalasHapus
  6. kedalamannya brapa meter mas buat masuk ke guanya

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..