Rabu, 07 November 2012

Pantai Sedahan Ombak Cekungan Karang

Pantai Sedahan dengan Ombak melalui Cekungan Karang membuat gelombang air menyebar melingkar, itu lah yang menjadi ciri khas Pantai Sedahan, selain dibatasi bukit di sebelah kanan maupun kiri. Pasir Putih di Pantai Sedahan ini lumayan luas, dan bagian yang dekat dengan air banyak hewan-hewan laut dan rumput laut.

Pantai Sedahan Wediombo
Cekungan di Pantai Sedahan


Pantai Sedahan Cawet
Pantai Sedahan dimanfaatkan Rumput Lautnya oleh warga | sensor ya

Lokasi Pantai Sedahan ini juga tidaklah terlalu sulit, cukup berjalan ke timur dari pantai wediombo, sekitar 1 jam lebih dan tentunya dengan berhenti lihat lihat pemandangan maupun "tenguk-tenguk". Selain itu bisa masuk melalui desa setelah pertigaan jepitu, kata bapak yang ngarit rumput laut ; "Njenengan lewat wediombo to mas, lha tebih niku, medal pertigaan jepitu mawon maju sitik mangkeh wonten lurung mlebet mriku, menawi bingung nggih tanglet mawon" kalo diartikan dalam indo ya intinya itu tadi. Lagipula mobil juga bisa sampai Pantai Sedahan, tapi dilihat dahulu jalannya dibawah ini.


Jalan Pantai Sedahan
Jalan Pantai Sedahan, bisa dilewati mobil kok, apalagi motor
Karena kami sudah parkir di Wediombo dan dari Pantai Dadapan jadi ya jalannya dari timur ke barat, yang penting modal tanya saja pasti sampe, kompas ataupun peta kalo memang perlu ya dipake saja."Malu Bertanya Sesat Dijalan, Banyak Tanya Memalukan"

Pantai Sedahan biasa digunakan warga sekitar untuk memcari ikan, tidak hanya sedahan tapi pantai-pantai di kawasan wediombo memang surganya untuk pemancing, kata bapak yang di sana, "Wis kat mbien aku ki kerep kok mas mandu ngeterke pemancing-pemancing seko luar daerah neng kene, ora mung gunungkidul tok, malahan bengi bengi", yang artinya ya itu tadi, banyak pemancing-pemancing dari luar kota sudah sampe tempat ini.

Pantai Sedahan
Sudut Pantai Sedahan Bagian Barat


Pantai Sedahan menyajikan juga rumput laut, tapi jangan dimakan, soalnya agak keras dan rasanya uasin tenan, kalo mau makan yang agak muda aja warnanya, kata bapak yang di situ rumput laut tersebut di gunakan untuk campuran sintetis bahan plastik, biar lebih kuat katanya, wajar saja rumput laut yang sudah tua dikunyah aja "alot" nya minta ampun.

Sedahan Rumput Laut
Panen Rumput Laut di Pantai Sedahan | sing moto Candra nganggo kamerane Erik

Pantai Sedahan Juga menyuguhkan binatang binatang laut seperti bulu babi yang hitam hitam ada jarumnya, ada kerang juga, lumayan besar sampai ada 2 teman kami yang mau kejepit, biasa lah suka investasi, mau cari mutiara. Masih banyak pula biota laut lainnya, saya sendiri juga sempat kaget menginjak jewan atau tumbuhan yang bentuknya seperti batu tapi lunak, mak genyuk genyuk...

Pantai Sedahan SlowSpeed
Pantai Sedahan Slowspeed Film Lucky 100 + Tmax Dev

ombak pantai Sedahan
Ombak Pantai Sedahan, Chandra numpang Mejeng


Pantai Sedahan juga bisa di gunakan untuk camping, karena Pasir putih cukup luas jadinya masih aman kalo ada air pasang, untuk istirahat siang juga enak, karangnya seperti gua, lo lo gua gua, jadi meskipun jam 12 tetep saja tidak kepanasan, kalo haus ya iya.

main Pantai Sedahan
Pantai Sedahan cocok juga untuk nyantai, maaf kalo fokus takut gantengnya ketahuan

Pantai Sedahan menyajikan Ombak yang mengalir di Cekungan Karang, hal ini sangat cocok bagi penggemar fotografi untuk dijadikan objek slowspeed'an, yang penting bawa tripot aja deh. Oh iya jangan lupa kunjungi tempat yang dekat dengan sedahan seperti pantai Ngusalan Watu Topi atau kunjungi artikel tentang pantai yang lain.


Saya Menyukai..



Artikel yang mungkin terkait...

3 komentar:

  1. Follow your blog, Realy nice picture.

    Bulan kemarin, sempet ngecamp juga di pantai sedahan ^^


    http://niaputrinia.blogspot.com/search/label/Journey%20%3A%20Trip%20%2F%20Backpacker

    BalasHapus
  2. Wah, saya baru tau kalau ada cekungan di ujung situ. waktu saya dan teman2 k pantai ini airnya ckup tinggi shgga bagian dasar pantai yang ada di ujung tidak terlihat, waktu itu kami berada di sana dari malam sampai pagi jam sepuluh, mungkin airnya sedang pasang kali hehehe :)

    dan baru tau juga kalau di sana ada banyak rumput laut. nice share mas :)

    BalasHapus

maturnuwun sudah mengisi komentar..